Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Balita

Mengatasi telinga berair anak sesegera mungkin merupakan hal yang perlu dilakukan orang tua dalam rangka untuk menjaga kesehatan sekaligus kenyamanan mereka.

Seringkali, kondisi seperti ini tidak hanya dapat membuat anak merasa tidak nyaman, tetapi juga dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius jika tidak ditangani dengan benar.

Oleh karena itu, simak berbagai cara cara efektif untuk mengatasi masalah telinga berair dan bau pada balita dengan aman pada artikel di bawah ini!

3 Cara Mengobati Sakit Telinga di Rumah

Cara Mengobati Sakit Telinga di Rumah

Ada banyak hal yang menjadi penyebab telinga anak berair dan berbau, salah satunya yang paling sering adalah terjadi infeksi atau karena jarang membersihkan telinga.

Saat berada dalam kondisi seperti ini, sangat penting untuk tidak membiarkan telinga dikorek apalagi menggunakan cotton bud. Sebab kegiatan ini dapat memicu infeksi saluran telinga yang lebih besar.

Namun jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengurangi keluhan tersebut hanya dari rumah saja, diantaranya adalah:

1. Kompres Telinga

Kompres hangat untuk telinga dapat menjadi salah satu pertolongan pertama saat telinga anak mulai berair.

Penggunaan kompres ini dapat membantu meringankan inflamasi atau bengkak pada bagian telinga sebelum ditindak dengan pengobatan lainnya.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai obat tetes telinga alami.

MInyak zaitun sudah lama dikenal sebagai bahan yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan begitu juga saat telinga anak mulai berair dan menimbulkan bau.

Caranya juga cukup muda, Anda dapat memanaskan minyak tersebut terlebih dahulu dan tunggu hingga suhunya hangat. Lalu teteskan minyak tersebut perlahan ke dalam telinga anak.

Tunggu beberapa detik dan setelah itu arahkan telinga ke bawah supaya minyak zaitunnya kembali mengalir keluar.

3. Perbaiki Posisi Tidur

Cara alami lainnya untuk mengurangi telinga berair dan bau anak yaitu dengan menempatkan posisi tidur secara tepat.

Pastikan untuk tidak menekan telinga yang infeksi dan tinggikan posisi bantal anak supaya cairan yang keluar tidak masuk lagi ke dalam telinga.

Namun ketika ketiga cara tersebut sudah tak lagi efektif, maka langkah selanjutnya untuk menghilangkan infeksi telinga balita yaitu dengan konsultasi langsung ke dokter umum atau THT.

Nantinya dokter akan meresepkan obat-obatan sesuai dengan penyebab telinga berair dan bau, seperti antibiotik, antijamur, atau tetes telinga. Jadi, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat dengan cermat.

Jika ingin mengetahui informasi lengkap mengenai kesehatan dan obat-obatan lebih lanjut, maka Anda dapat mengecek situs pafikablingga.org.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Balita"