Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Kutu Air di Tangan Secara Alami

Kutu air di seluruh tangan sangat mengganggu penampilan. Rasa gatal, ruam bentuk cincin, dan kemerahan membuat tangan tidak nyaman. Untuk penyebab dan obat kutu air bisa Anda ketahui di pafibovendigoel.

Pafibovendigoel adalah salah satu organisasi perkumpulan ahli farmasi Indonesia yang bisa membantu meracik obat terbaik untuk kutu air dan penyakit lainnya. Selengkapnya, ketahui di sini!

Penyebab Kutu Air di Tangan

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Kutu Air di Tangan Secara Alami

Penyebab utama kutu air di tangan adalah jamur golongan dermatofita yang hidup pada jaringan kulit mati, kuku, dan rambut. Jamur ini juga bisa mengakibatkan kutu air di kaki.

Selain penyebab utama, ada faktor risiko lain yang meningkatkan infeksi kutu air di seluruh tangan, yaitu:
  • Tempat tinggal di iklim tropis dengan cuaca lembab dan panas.
  • Berbagi peralatan mandi, misalnya handuk, sabun batangan, maupun pakaian dengan orang lain.
  • Menggunakan ruang ganti umum, kamar mandi umum, dan suatu lokasi secara bersama-sama.
  • Menyentuh hewan ternak atau peliharaan.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah, seperti penderita kanker atau HIV.

Cara Menyembuhkan Kutu Air di Tangan

Setelah mengetahui penyebab munculnya kutu air, Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutu air dengan tepat. Ini caranya:

Menggunakan Tea tree Oil

Tea tree oil (minyak pohon teh) mempunyai sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang bisa mengobati kutu air.

Cara menggunakannya, tuangkan minyak pada tangan yang terkena kutu air. Tea tree oil mengurangi bengkak, gatal, dan sensasi terbakar di kulit tangan.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih mempunyai sifat antijamur dan bisa melawan jamur Candida albicans. Cara menggunakannya adalah menumbuk bawang putih 4-5 siung hingga hancur dan gosokkan pada tangan yang terkena kutu air.

Cara lainnya, siapkan air hangat dalam baskom, tumbuk 3-4 siung bawang putih, dan rendam tangan yang terkena kutu air selama 30 menit di dalam baskom. Lakukan perawatan ini sehari dua kali.

Menggunakan Coconut Oil

Minyak kelapa atau coconut oil mempunyai sifat antijamur dan bisa mengatasi kutu air di tangan. Cara menggunakannya adalah mengoleskan minyak kelapa di tangan yang terkena kutu air dan lakukan secara rutin.

Menggunakan Air Garam

Garam mempunyai sifat antijamur dan antibakteri. Cara menggunakannya adalah siapkan baskom dan air hangat, kemudian larutkan garam ½ sendok teh.

Selanjutnya rendam tangan yang terkena kutu air selama beberapa menit. Jika kutu air di tangan telah parah, lakukan cara ini 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Menggunakan Obat Antijamur

Obat antijamur bisa mengobati kutu air, kuman, dan cenang di tangan. Obat antijamur banyak yang tersedia bentuk krim (obat oles), namun ada juga yang berbentuk obat minum. Inilah beberapa rekomendasinya:
  • Terbinafine.
  • Miconazole.
  • Ketoconazole.
  • Clotrimazole.

Mencuci Tangan Dengan Benar

Cara menghilangkan kuman air di tangan agar terhindar risiko kutu air, yakni mencuci tangan dengan benar. Langkah-langkahnya adalah:
  • Membasahi tangan dengan air mengalir.
  • Menggunakan sabun dari punggung tangan, telapak, dan sela jari.
  • Membersihkan kuku-kuku.
  • Bilas tangan dengan air mengalir.
  • Keringkan tangan menggunakan tisu, handuk, atau angin-anginkan.
Demikianlah penjelasan tentang penyebab dan cara menyembuhkan kutu air di seluruh tangan dengan mudah. Untuk info lebih detail tentang obat kutu air dan jenis obat yang lainnya simak di pafibovendigoel. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Menyembuhkan Kutu Air di Tangan Secara Alami"